Siswa SIT Permata Bunda Belajar secara Daring

Siswa SIT Permata Bunda Belajar secara Daring

Sehubungan dengan adanya wabah virus korona (COVID 19) yang berawal dari kota Wuhan, Cina dan telah mengambil korban jiwa begitu banyaknya. Bahkan wabah virus korona ini pun sudah masuk ke Indonesia, pun telah mengambil korban manusia meninggal. Tindakan antisipasi  dari pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta pun diambil oleh Gubernur Anies Baswedan. Untuk mengurangi dan mencoba memutus rantai penularan terhadap virus kepada masyarakat. Salah satunya dengan cara meliburkan seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah selama 2 pekan ke depan. Meminta seluruh siswa untuk tetap berada di dalam rumah, untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan.

Sesuai arahan dari Gubernur DKI Jakarta dan untuk melindungi seluruh siswa SIT Permata Bunda. Maka mulai tanggal 16 sampai 27 Maret 2020, seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan. Sebagai gantinya, pihak sekolah memfasilitasi pembelajaran kepada siswa di rumah secara daring. Dengan cara membuat grup di aplikasi whatsapp. Grup dibuat berdasarkan kelas masing-masing dengan penanggung jawabnya adalah masing-masing Wali Kelas. Program pembelajaran jarak jauh melalui grup whatsapp ini efektif mulai berlangsung pada hari Selasa, tanggal 17 Maret 2020.

Walau dipersiapkan dan dilaksanakan secara singkat dan tiba-tiba, kami berharap proses belajar secara daring ini dapat terlaksana dengan baik. Karenanya, membutuhkan kerjasama dari seluruh orangtua untuk membantu proses belajar anak-anak di rumah secara daring. Untuk memperlancar proses belajar secara daring di rumah masing-masing, diharapkan untuk menyediakan ponsel atau komputer yang telah terpasang dengan aplikasi whatsapp. Orangtua tetap dapat memantau proses belajar anak-anak dari ponselnya masing-masing.

Selain melalui grup whatsapp, untuk memfasilitasi siswa SIT Permata Bunda belajar secara daring di rumah. Kami juga telah menyediakan beberapa rekaman video untuk siswa tingkat TK sebagai pembelajaran di rumah. Video pembelajaran tersebut telah kami unggah di situs berbagi nonton video: youtube. Orangtua dapat mengunduhnya atau memutarnya langsung bersama anak. Untuk memperlancar proses belajar, orangtua diharapkan mempersiapkan terlebih dulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Apabila dalam hal mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan, orangtua mengalami kesulitan. Sekolah telah menyediakannya dan dapat diambil pada waktu seperti jam sekolah. Selanjutnya dapat memulai berkreasi bersama anak di rumah dengan gembira.

Berikut ini tautan menuju video yang dimaksud:

  1. Membuat bentuk geometri dari stik es krim
  2. Mengenalkan waktu dengan kreasi membuat jam dinding
  3. Membuat kreasi biota laut

Informasi selanjutnya tentang proses belajar dan mengajar di sekolah akan disampaikan kemudian. Sambil menunggu arahan dari Gubernur atau pejabat pemerintahan yang berwenang.

Mari kita berdoa kepada Allah Swt. dan berharap agar, wabah virus korona ini dapat segera ditemukan obatnya. Sehingga kondisi menjadi normal seperti sedia kala. Jangan lupa untuk mulai membudayakan gaya hidup bersih dalam keseharian.