Wisuda Tahfidz Angkatan ke-4 SDIT Permata Bunda

Wisuda Tahfidz Angkatan ke-4 SDIT Permata Bunda

Dan sungguh telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (Qs. Al-Qomar:17)

Alhamdulillah, di hari Sabtu, tanggal 14 Desember 2019, di GOR Kecamatan Matraman. Sebanyak 58 wisudawan dari SDIT Permata Bunda telah berhasil diwisuda tahfidz qur’an. Dengan beberapa orang perwakilannya sempat melalui uji publik. Yang diberikan oleh penguji Ustadz Mulyana dan Ustadzah Muspidah. Di hadapan para tamu undangan dan peserta lainnya. Wisuda tahfidz qur’an juz 29 dan juz 30 kali ini merupakan angkatan ke-4. Setelah tiga angkatan sebelumnya berturut-turut telah diwisuda dimulai pada tahun 2016, tahun 2017, dan 2018.

Uji publik kepada salah satu wisudawan

Hafalan sebanyak dua juz Al-Qur’an ini merupakan salah satu program unggulan dari SDIT Permata Bunda. Di mana anak didik harus memiliki hafalan sebanyak 2 juz yang menjadi persyaratan kelulusan. Wisuda tahfidz angkatan ke-4, terdiri dari kelas 4 sebanyak 11 wisudawan dan kelas 5 sebanyak 7 wisudawan yang menyelesaikan hafalan untuk juz 30. Sementara kelas 6 sebanyak 35 wisudawan yang berhasil menyelesaikan hafalan juz 29. Yang spesial di acara wisuda tahfidz angkatan ke-3 SDIT Permata Bunda kemarin adalah adanya 5 wisudawan yang merupakan anak berkebutuhan khusus.

Untuk mengharapkan keberkahan dan kebaikan dari-Nya tilawah Al-Qur’an surat Al-Alaq yang dibawakan oleh ananda Langit Anarghya Mahesa. Membuka acara wisuda tahfidz angkatan ke-4 SDIT Permata Bunda kemarin tepat pada pukul 8 pagi. Lanjut dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang dipandu oleh paduan suara dari siswi kelas 4. Dimeriahkan berturut-turut dengan penampilan dari:

  1. Paduan suara yang menyanyikan lagu Assalamu’alaika
  2. Tarian Asmaul Husna yang dibawakan oleh siswa siswi kelas 3
  3. Tilawah surat Al-Fatihah, An-Nabba, dan An-Nas: Kebahagiaan bagi keluarga besar SDIT Permata Bunda, saat 5 siswa berkebutuhan khusus dapat memberikan penampilan yang apik. Membacakan sambungan ayat dari ketiga surat tersebut secara bergantian
  4. Sambutan dari Ustadz Maulana selaku perwakilan dari orangtua siswa
  5. Sambutan dari Kasatlak Dinas Pendidikan Kecamatan Matraman, Bapak Drs. Syamsu Arifin, M.Si.
  6. Sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SDIT Permata Bunda
  7. Murajaah hafalan dari juz 29-30 yang dibawakan oleh peserta wisuda tahfidz.

Sebelum acara puncak, ada kejutan tidak terduga bagi lima orang wisudawan terbaik, dari peserta wisuda tahfidz angkatan ke-4 SDIT Permata Bunda. Pemberian penghargaan itu berupa piala dan uang tunai sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah). Diberikan langsung oleh Ketua Yayasan Fitrah Insani.

Akhirnya, acara inti wisuda tahfidz angkatan ke-4 SDIT Permata Bunda. Penyematan selempang tanda wisuda tahfidz juz 29 dan juz 30. Dilakukan bergantian oleh Kepala Sekolah SDIT Permata Bunda dan Ketua Yayasan Fitrah Insani. Kepada masing-masing wisudawan. Rasa haru biru dan bangga dirasakan oleh para orangtua wisudawan. Saat putra putri mereka menghampiri dan menyematkan mahkota ke kepala. Dengan harapan itu merupakan simbol di dunia, kiranya menjadi nyata di akhirat kelak. Sebagaimana sabda Nabi Saw. “Siapa yang menghafal Al-Qur’an, mengkaji, dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orangtuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari…” (HR. Al Hakim).